Festival Seni Budaya Isen Mulang

GriyaWisata.Com-Provinsi Kalimantan Tengah berupaya menjaring wisatawan dengan menggelar Festival Budaya Isen Mulang di Palangkaraya, 19-24 Mei 2011. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Rudiansyah Iden, di Palangkaraya.

Pada acara pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 19 Mei 2011 akan dimeriahkan tarian massal bertemakan Maju Utusku menggambarkan nilai luhur budaya Kalteng secara umum atau menggambarkan  masyarakat Dayak menuju kemajuan.

Festival Seni dan Budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahun, diselenggarakan dalam rangka memeriah HUT Provinsi Kalimantan Tengah pada setiap tanggal 23 Mei setiap tahunnya sebagai wadah Apresiasi Seni dan Budaya Seniman-Seniwati Provinsi Kalimantan Tengah. Festival Budaya ini diikuti oleh 13 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kalimantan Tengah dengan melombakan banyak sekali  kegiatan tradisional masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah, diantaranya : Pawai Budaya, Sepak Sawut, Tari Daerah, Perahu Hias, Karungut, Manempe Kenta, Pakasak Lamang, Memasak Tradisional, Putra/Putri Pariwisata, Lomba Mangaruhi, Besei Kambe, Balogo, Bagasing, Manyipet, Maneweng Kayu, Dayung Tradisional.

KEGIATAN FESTIVAL BUDAYA ISEN MULANG TAHUN 2011

1.     Tari Masal (Non Masal)
2.     Pawai Budaya
3.     Pemilihan Putera Puteri Pariwisata
4.     Lomba Tari Daerah
5.     Lomba Lagu Pop Daerah
6.     Lomba Karungut
7.     Lomba Mangenta
8.     Lomba Pakasak Lamang
9.     Lomba Pakasak Panginan Tradisional
10.   Lomba Mangaruhi
11.   Lomba Maneweng, Manetek, Manyila Kayu
12.   Lomba Sepak Sawut
13.   Lomba Jukung Hias
14.   Lomba Besei Kambe
15.   Lomba Jukung Tradisional
16.   Lomba Balugu
17.   Lomba Habayang
18.   Lomba Manyipet
19.   Pameran (Kalteng Expo 2011)

Festival Budaya Isen Mulang Bertujuan untuk mengembangkan Kepariwisataan Provinsi Kalimantan Tengah yang merujuk pada norma-norma agama dan nilai-nilai dalam setiap segi kehidupan, pemampaatan kekayaan budaya yang dimiliki Kalimantan Tengah untuk pengembangan Industri Pariwisata untuk memenuhi kebutuhan Wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata yang melewati ruang dan waktu, melihat, melakukan, membeli sesuatu yang lain, yang unik, yang khusus sehingga tercapai peran serta Masyarakat, Seniman, Budayawan dan Dunia Usaha dalam pembangunan ekonomi Kalimantan Tengah.

Pada tanggal 23 Mei 2011 Festival Seni Budaya Isen Mulang ini pun ditutup. Berikut foto-foto kegiatan aku dan teman-teman lakukan di Kalteng Expo

2 thoughts on “Festival Seni Budaya Isen Mulang

Komentar ditutup.