Intranet Intranet :D

Belajar menggunakan intranet ?? Emang apa sih intranet itu ? 

Intranet (Internal Working) adalah suatu jaringan computer yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk Web. Semua fasilitas internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi. Dengan kata lain, Intranet dapat dikatakan berinternet dalam lingkungan yang terbatas.

Fasilitas yang digunakan dalam intranet adalah standar protokol TCP/IP ynag berfungsi untuk protocol jaringan melakukan komunikasi, menerima dan mengirimkan data ke terminal lain. FTP (File Transfer Protocol) untuk pelayanan resource sharing, dll.


Pak Rudy, guru fisika ku di sekolah memiliki metode pembelajaran terbaru dengan menggunakan intranet. Jadi, masing-masing siswa bisa membawa laptop nya untuk memakai fasilitas ini. Program yang diinstal adalah LAN Messenger. LAN Messenger adalah sebuah program yang dirancang untuk digunakan dalam area lokal. Ternyata untuk menginstal LAN Messenger itu lumayan lama prosesnya, mungkin karna laptop saya pakai Windows XP, jadi agak ribet saat menginstal program tersebut.

Alat yang digunakan

Ternyata dengan menggunakan program LAN Messenger , kami  bisa bermain dengan emoticons, chatting, sharing file, dll. Awalnya aku dan teman-tema yang lain mencoba dengan menggunakan simbol-simbol di keyboard untuk menghasilkan emoticons yang lucu. Senebut hahahaa. Jadi aku dan teman-teman yang lain coba-coba kode emot tersebut😀 Aku juga baru tau kalau LAN Messenger itu bisa juga mengirim notepad😀

Foto-foto kegiatan di kelas dengan menggunakan intranet


Menurut aku belajar dengan menggunakan intranet ini seperti belajar sambil bermain, jadi membuat pelajaran menjadi lebih menarik. Bagaimana pendapat kalian ? Apakah mau mencoba juga metode seperti ini juga ;) 

2 thoughts on “Intranet Intranet :D

  1. emmy sasmita berkata:

    Intranet emang enak dan effisien karena dia pada lokal terbatas seperti sesuai katanya local area network

Komentar ditutup.