Lebih suka sepeda daripada mobil

Dengan bersepeda ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat bagi kesehatan seperti paru paru, jantung sehingga lebih kuat dan sehat. Kelebihan yang dmiliki oleh sepeda:
1. Lebih cepat
Dengan bersepeda akan lebih cepat, karena mampu mencapai 15km atau lebih. Hal lain yang di prediksi saat ini, untuk perjalanan 20 menit dengan kendaraan akan memakan waktu 1 jam dalam 15 tahun kedepan. Macet dan semakin padat jalan membuat mobil tidak mampu bergerak secara efisien. Dengan sepeda akan mudah menyelip diantara kemacetan jalan, hasilnya akan ada waktu lebih untuk anda dibanding pengendara mobil yang sedang bermacet ria.

2. Tidur lebih lelap setelah bersepeda
Bersepeda dipagi hari dalam rute pendek saja memberikan manfaat bagi pengendara untuk tidur lebih lelap. Hasilnya bagi mereka yang mengalami insomnia atau susah tidur dapat tidur 1 jam lebih lama.

3. Terlihat lebih muda
Menjadi impian bagi mereka yang dewasa agar tetap terlihat muda. Dengan bersepeda maka tubuh akan mengirim nutrisi keseluruh tubuh karena tubuh memberikan oksigen lebih besar bagi pesepeda.
Satu yang positif adalah kolagen, dengan latihan yang baik maka dapat membantu mengurangi munculnya keriput dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Otot usus juga lebih baik.
Dengan latihan olahraga juga merangsang otot kontraksi otot usus. Seperti mencegah perasaan kembung, plus mencegah kanker usus. Dengan berolahraga sepeda, maka tubuh akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan makanan didalam usus besar.

5. Meningkatkan kekuatan otak
Hasil dari penelitian di universitas Illinois. Dengan bersepeda dapat meningkatkan sekitar 5% dalam kebugaran pernapasan. Juga menambah 15 % kemampuan mental. Khususnya mereka yang berusia 30 tahun keatas. Dengan bersepeda akan memberikan dampak positif dimana sel otak baru dibagian hippocampus tumbuh kembali. Bagian ini bertanggung jawab untuk menangani daya ingat dan semakin surut dengan sejalannya umur

6. Jauh dari penyakit.
Latihan rutin membuat sel kekebalan tubuh kembali aktif. Sehingga mereka lebih siap menghadapi infeksi. Bahkan bagi mereka yang berkendara sepeda sampai 30 menit setiap hari, hanya akan mengalami separuh sakit dari orang lain.

7. Hidup lebih lama
Mereka yang berolah raga akan lebih kecil terkena serangan jantung, diabetes tingkat 2, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi sampai obesitas. Tubuh lebih mampu membela diri dengan regenerasi sel tubuh.
8. Jadi simbol status.
Lupakan mobil sebagai lencana.Orang kaya saja sudah mulai menjauhi simbol mereka dengan mobil
Kampanye bersepeda di Inggris malah dilakukan oleh orang orang kaya. Padahal pendapat mereka sudah lebih dari cukup. Di Indonesia saat ini sudah banyak pemain sepeda malah dari kalangan profesional. Seperti direktur, manager sampai pemilik perusahaan malah sibuk main sepeda tiap minggu.

9. Bersepeda dapat menjauhi polusi.
Ada pertanyaan, apakah bersepeda akan membuat badan terkena polusi dari kendaraan bermotor.
Penelitian berbeda dari Imperial College London. Orang yang berada di dalam kendaraan dan bus lebih banyak terkena polusi dari gas buang kendaraan dibanding pejalan kaki atau pesepeda.
Rata rata penumpang taksi harus menerima 100.000 partikel sangat kecil yang menetap diparu paru mereka. Penumpang bus mendapatkan 40.000.
Pesepeda ternyata hanya menerima 8.000 partikel centimeter kubik. Mengapa hal tersebut terjadi, karena pengendara sepeda lebih banyak berada di atas terotoar jalan dan lebih jauh dari sumber polusi.
Untuk kota besar Jakarta yang padat, mungkin penelitian ini tidak terlalu berlaku. Maklumlah, banyak trotoar jalan yang sudah berubah fungsi, kemacetan dimana mana, dan tingkat polusi yang tinggi sudah pasti akan dihirup oleh pengendara sepeda

10. Lebih hemat, tetap muda
Olahraga di tempat fitness memiliki fungsi yang sama seperti bersepeda. Bedanya untuk tempat fitness  perlu membayar. Kita dapat berhemat dengan bersepeda, dan menghemat uang anda untuk membayar member di tempat fitness😉