Usaha dan Energi

Ini adalah tugas yang diberikan oleh Pak Rudy untuk mengetahui seberapa asupan makanan ku sehari-hari (harian), dan berapa besar energi yang aku keluarkan dengan bobot  badan 60 kilogram. Awalnya aku sangat bingung bagaimana cara untuk menyelesaikan tugas ini, karna ada menghitung seberapa banyak (gram) asupan yang kita makan sehari-hari. Saking mumet nya aku, akhirnya aku berbagi mumet dengan teman-teman yang lain 😀 hehe. Dengan bantuan teman-teman ku yang sangat baik hati sekali seperti Cinderella itu  hehe, sampe keringatan juga gara-gara saking ribetnya makanan yang aku makan hahahaha :D, akhirnya aku ngerti gimana caranya, dan tugas ku selesai 😀 Makasih banyak yaa atas bantuan nya teman-teman  🙂 🙂

Tabel besar energi dengan bobot badan 60 kilogram.

Kegiatan Pendekatan
Kilo-kalori/jam Watt (Joule/sekon)
Tidur 55,384 64,615
Duduk tegak 92,307 106,153
Kegiatan ringan, seperti:-          Makan

–          Berpakaian

–          Pekerjaan rumah tangga

184,615 212,307
Kegiatan sedang, seperti:-          Main tenis lapangan

–          Main tenis meja

–          Berjalan

369,230 424,615
Berlari dengan kecepatan 15 km/jam 923,076 1061,538
Bersepeda balap (40 km/jam – 60 km/jam) 1015,384 1172,307

Kegiatan yang dilakukan selama 24 jam.

Aktivitas Saya Durasi (Lama kegiatan / jam) Durasi dalam detik (sekon)
Tidur 9 jam 32400 s
Duduk 8,5 jam 30600 s
Olahraga 1 jam 3600 s
Mandi 2/3 jam 2400 s
Pekerjaan rumah tangga 2/3 jam 2400 s
Berdandan 0,5 jam 1800 s
Main laptop 2/3 jam 2400 s
Nonton TV 1,5 jam 5400 s
Makan 1,5 jam 5400 s
Total: 24 jam Total: 86400 s

Hitungan kalori dengan aktivitas yang dilakukan selama 24 jam.

Aktivitas saya (Durasi x Kilo-kalori/jam) Jumlah kalori
Tidur 9 x 55,384 498,456 Kkal
Duduk tegak 8,5 x 92,307 784,609 Kkal
Kegiatan ringan, seperti:-          Makan

–          Berdandan

–          Pekerjaan rumah tangga

–          Mandi

–          Main laptop

–          Nontn TV

5,33 x 184,615 983,997 Kkal
Kegiatan sedang, seperti:-          Olahraga 1 x 369,230 369,230 Kkal
Total: 2636,292 Kkal

Hasil pembakaran dengan kalorimeter pada bahan-bahan makanan:

Karbohidrat 4,1 kilo-kalori/gram
Glukosa 3,74 kilo-kalori/gram
Tepung (flour) 4,18 kilo-kalori/gram
Lemak (fat) 9,3 kilo-kalori/gram
Protein 4,1 kilo-kalori/gram

Identifikasi asupan makanan saya sehari-hari (harian)

Karbohidrat 750 gr x 4,1 kkal/gr 3075 kkal
Glukosa 200 gr x 3,74 kkal/gr 748 kkal
Flour 25 gr x 4,18 kkal/gr 1045 kkal
Lemak 258 x 9,3 kkal/gr 2399,4 kkal
Protein 266,3 x 4,1 kkal/gr 1091,8 kkal
Total: 8365,2 kkal

Jadi, dapat diketahui dari asupan makan sehari-hari (harian), dibandingkan dengan besar energi yang dikeluarkan dengan bobot badan 60 kilogram:

8365,2 kkal – 2636,292 kkal = 5728,908 kkal

Dari data tersebut, diperoleh sebebesar 5728,908 kkal yang tidak terpakai, kemana lari nyaaaa ??? Sepertinya ke lemak yaa hahahaha 😀 😀 Terima kasih juga untuk Pak Rudy, dengan tugas yang telah bapak berikan ini, saya jadi bisa lebih menjaga asupan makanan saya dengan benar :

Lihat lebih lengkapnya pada Blog ini

Iklan

Pegas Wooo !!

Hari ini seperti biasa, bergelantungan di pegas lagi. Tapi hari ini agak berbeda dari bergelantungan di pegas yang lain, karna hari ini tentang menentukan konstanta pegas dengan periode ayunan. Jadi, kita bergelantungan di 3 pegas dengan posisi kaki naik ke atas, trus dihitung banyak ayunan dan lama ayunan. Supaya lebih mudah untuk bergelantungan di pegasnya, yang pertama dilakukan adalah melentingkan badan kita dulu, trus kaki naikkan ke atas, dan selanjutnya kaki akan dibantu dengan teman yang lain supaya posisi kaki bisa di tekuk di kayu, sudah di tekuk gitu, kaki dikunci agar lebih kuat saat bergelantungannya. Gunanya melentingkan badan adalah supaya titik beratnya berada di tangan, jadi kaki kita dapat dengan mudah di tekuk di kayu.

Satu per satu teman ku mencoba bergelantungan. Aku melihatnya saja sangat gugup hahahha. Karna aku merasa badan ku kan agak gede gitu yaa, jadi takut gag muat di kayu nya, trus sama takut kalo gag bisa di angkat ke kayu kaki ku ahahahahaha 😀

Pas giliran Syaldie yang bergelantungan, waduh kesian banget teman-teman ku yang jagainnya hahaha. Dengan sekuat tenaga dan bercucuran keringat, berusaha supaya kaki Syaldie bisa di taroh di kayunya, tapi gag bisa bisa. Gag tau kenapa, jadi keras gitu kakinya Syaldie aku lihat ehehehehe. Akhirnya, gag bisa di hitung deh berapa banyak ayunan dan lama ayunan nya, soalnya Syaldie gag bisa bergelantungan.

Dengan perasaan gugup yang campur aduk dengan rasa penasaran, aku memberanikan diri buat nyoba bergelantungan di pegas itu dengan kaki naik ke atas. Jadi aku pegang kayunya dulu kuat-kuat, trus aku lentingkan badan ku supaya kakinya mudah diangkat, trus aku gag tau lagi gimana kaki ku di atur-atur sama teman-teman yang lain supaya bisa pas di kayunya, jadi aku pasrah aja dah hahhhaa. Pas sudah sip posisi bergelantungannya, ku kunci kaki ku, dan pegangan kuat di kayunya supaya gag jatuh. Trus kayunya di tarik supaya bergetar dan bisa dihitung berapa banyak ayunannya. Waktu di posisi bergelantungannya enak whahahaha, makanya teman-temaan ku yang lain juga banyak ketagihan mau nyobain bergelantungannya lagi, cuma yang susah itu pas ngatur kaki supaya pas di kayunya. Tapi kalo udah di atas, waaaaa serasa melayang hahahaha 😀

Bergelantungan di pegas hari ini asik banget ! Sangat berkesan bagi ku 😀

Tapi sayang buat teman-teman ku yang belum bisa nyoba bergelantungan di pegas ini, seperti Ketut, Syaldie, Dewi, Akmal, dan Agas 😦 Dont be sad yahh 🙂 \m/

Note ::

Maaf lagi gag ada fotonya , seperti biasa. Jaringannya kalo malam-malam gini agak terganggu. Loadingnya lama banget. Ntar dimasukin kalo internetnya normal lagi hehehe 😀 Ini aja internetnya putus nyambung terus ckckck 😦

Tiga pegas

Wee, hari ini naik pegas lagi. Pegasnya ada 3 lagi whaaaaaaa

Setelah pelajaran matematika selesai, kami naik-naik pegas lagi. Tapi sebelumnya di dahului dengan membaca doa. Setelah itu berbaris rapi menuju lapangan 2. Pegas yang disiapkan ada 3 pegas, waduh ! Kayanya bakalan susah ini ku pikir hahaha

Dimulai dari Vinka yang paling langsing di kelas hehehe :D, setelah itu disusul dengan teman-teman yang lain. Saat aku melihat teman-teman ku yang sudah mencoba 3 pegas itu, aku melihat ekspresi seperti tidak kuat saat bergelantungan di pegas itu. Aduh, aku jadi gugup liat teman-teman ku gitu hahahaha. Eh, si Wenny hebat banget bergelantungannya, tangannya nekuk trus kaki nya sejajar ngangkatnya ckckck. 10 jempol ku buat kamu Wen ! hahahhahaa 😀 Icha juga hebat banget tangannya bisa nekuk gitu ckck

Tibalah giliran ku buat bergelantungan di pegas tersebut. Padahal pertama-pertamanya tanganku nekuk, trus gag bisa nekuk lagi. Gag tau juga, jadi berat gitu rasanya haha. Di 3 pegas ini kaki ku jadi tinggi melayang nya, kalau yang di 2 pegas itu kaki ku hampir kena tanah. Jadi saat bergelantungan di 3 pegas ini serasa melayang di udara whahahaaa. Udah selesai bergelantungan, lenganku jadi terasa sakit. Yaa, mungkin karna gag ada pemanasan juga sebelumnya. Jadi otot nya kaget langsung di bawa bergelantungan gitu. Tapi untungnya, sakitnya cuma sebentar aja. Habis itu gag terasa lagi.

Trus saat Pak Rudy mempraktekan cara bergelantungan, Pak Rudy hebat banget ! Cara bergelantungan Bapak benar, karna tangannya ditekuk dan kakinya sejajar.

Bergelantungan di 3 pegas hari ini hanya molor 1 cm di pegas yang ketiga. Selainnya tidak molor sama sekali. Mungkin karna pegasnya ada 3 buah, jadi dapat menahan beban lebih berat dari 1 pegas atau yang 2 pegas. Menarik di 3 pegas ini juga lebih berat dari yang 1 atau 2 pegas.

Okee, bergelantungan di 3 pegas hari ini cukup berkesan bagi ku hehe. Coba aku bisa nekuk tanganku, jadi bisa lebih puas. whaaaa 😀

Note ::

Maaf gag ada foto sama video nya. Ini daritadi mau masukin loadingnya lambat banget, trus ujung-ujung nya gagal. Ntar mau di edit lagi kalo internetnya sudah normal lagi hehehe 😀

Lebaran

Postingan ini juga sebenarnya mau ku tulis saat Lebaran kemaren, tapi baru sekarang aku bisa posting nya. Hehe

Hari ini hari Lebaran ! semua umat muslim yang ada di seluruh dunia pasti menunggu-nunggu momen ini. Karna sudah sebulan penuh menjalankan puasa.

@ Banjaarmasin. Waa, aku bangun pagi jam 5, kalo jam di Palangka berarti jam 4 pagi, karna antara Banjarmasin dan Palangka Raya memiliki selisih waktu 1 jam. Bangun tidur aku langsung bantuin mamah nyiapin peralatan buat open house di rumah. Nyiapin piring, gelas, sendok, mangkok, dan banyak lagi. Setelah itu aku masukin-masukin kue ke dalam tempat kue. Oh ya, aku juga ada buat hiasan buat tempat kue dari kain flannel. Yaa, sekalian ngisi wktu di rumah daripada nganggur, jadi bikin-bikin gitu deh. Lumayan pas lebaran bisa dipajang sama diliat tamu-tamu yang datang ke rumah. Hehehhe

Pagi jam 7 aku ke mesjid di dekat rumah nenek ku. Di sana aku sholat Idul Fitri bareng sama keluarga ku yang lain. Pulang dari sholat, ke rumah nenek makan pagi dulu. Terus silaturahmi ke rumah tetangga-tetangga nenek. Wahh, bahagia sekali rasanya bisa bermaaf-maafan di bulan yang suci ini 🙂

Jam 11.00 aku pulang ke rumah ku buat beres-beres sama ngerapiin rumah, jaga-jaga kalo ada tamu yang datang 😀

Eh, gag lama aku nata-nata rumah, sudah ada tamu yang datang ke rumah. Untung sudah hampir selesai beres-beresnya. Tamu hari ini lumayan banyak yang dating. Sampe malam ini  masih ada juga tamunya yang dating. Senang sekali rasanya bisa silaturahmi dengan orang banyak 🙂

Minal aidin wal faidzin yaa. Mohon maaf lahir dan bathin 🙂

H min 2 Lebaran

Yaa, sebenarnya postingan ini mau aku tulis pada tanggal 8 September 2010 tadi —- Padahal aku sudah menuliskan postingan ini pada tanggal 9 September 2010 dari Hp ku karna pada saat itu laptop ku lagi bermasalah, chassan nya hilang 😦 Tapi setelah aku menulisnya lewat Hp, postingannya tidak muncul di dasbor ku. Padahal sudah aku tulis berulang-ulang karna takut salah pencet, tapi tetap gag bisa 😥

Dan setelah berbagai masalah ku lewati, akhirnya aku bisa menuliskannya hari ini 😀

Hari ini H min 2 Lebaran. Wahh, aku sibuk sekali di rumah, terutama mamahku yang sibuk bikin-bikin puding sama masakan buat lebaran nanti 😀 Rencana nya sih masakan sama puding-puding yang mamah ku buat itu mau di bawa ke Banjarmasin aja, karna kampung saya di Banjarmasin. wewww ! Mobil penuh . hahaha

Karna malam ini juga mau ke Banjarmasinnya, jadi tugas-tugas sekolah dan packing baju jdi satu ku kerjakan hari ini semua 😦

Oke, dimulai dari bangun pagi jam setengah 8. Nonton Tv dulu sebentar, terus dilanjutkan dengan mempersiapkan tugas-tugas sekolah apa saja yang akan dikerjakan , karna aku mau ngerjain tugasnya sama-sama dengn Ni Ketut 😀 supaya bisa cepat selesai . wkwkwk

Tapi, sebelum Ketut sampe ke rumah ku, aku menyempatkan untuk merekam doa belajar dulu 😀

Jam 9 pagi, Ketut dating ke rumah. Kami bagi tugas, Ketut ngerjain tugas kimia dan aku bikikn TTS yang kunci jawabannya sudah di bgikn oleh Pak Rudy. Sambil belajar, Ketut dihidangkan banyak sekali makanan oleh mamah ku. Mulai dri kue, salad buah, sampe nasi goring. Wew ! padahal aku lagi puasa hahaha. Yaa, untung aku kuat-kuatin iman, jadi gag tergoda (padahal ngiler juga haha).

Jam setengah 1 siang, tugas selesai kami kerjakan, yaa walaupun belum semuanya dikerjakan penuh. Tapi lumayan lah sudah ada yang dikerjakan. Karna Ketut sudah dijemput oleh papah nya, jadi dia pulang deh.

Sepulang Ketut dari rumah ku, aku langsung rekam puisi. Haduh haduh, gag kehitung lagi berapa kali aku gagal merekam puisi bunda itu. Mulai dari pintu kamar yang dibuka terus, ade ku keluar masuk kmar, trus tamu yang dating dan aku harus bukain pintu buat tamu, salah-salah terus baca puisi nya, haus (karna sedang berpuasa). Dan akhirnyaaaaa, aku kunci pintu kamar, dan selesai lah merekam puisi bunda nya !! 😀 Betapa bahagianya aku hahaha

Pokok nya hari ini hari yang sangat merepotkan bagi ku 😦 tapi rame 🙂 😀